Social Icons

Thursday, August 22, 2013

Resume K3 (Dessi Anggreini Elisabeth Br Ginting)

               Kemarin, hari rabu tanggal 21 agustus 2013 kami kelompok 130 berkumpul di rumah teman kami, untuk share materi.  Materi yang disampaikan adalah K3, yaitu kristis, kreatif dan konstruktif yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa, terutama mahasiswa ITB. Berikut adalah hasil resume penyampaian materi dan diskusi kelompok kami.
                Yang pertama adalah kritis, pengertian kritis sendiri adalah bersifat tidak lekas percaya, selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan dan tajam dalam penganalisaan. Sebagai seorang mahasiswa kita harus berpikir kritis dan melihat masalah dengan pikiran analisa yang tajam. Kita tidak boleh hanya melihat masalah dan berpikir, “Oh, yang itu ya masalahnya cuma itu saja sih”. Kita harus melihat masalah itu dari berbagai sisi. Mungkin dari sisi tertentu masalah ini berdampak negatif, namun mungkin saja di suatu sisi masalah ini memiliki sisi positif yang dapat kita pertahankan dan pelajari. Jadi, sebagai mahasiswa kita harus sigap melihat setiap masalah yang berlalu-lalang di hadapan kita.
                Yang kedua adalah kreatif, yaitu kemampuan kita untuk berpikir atau menghasilkan sesuatu yang baru dan asli, yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Kemampuan kreatif menuntut kita untuk tidak terjebak dalam suatu teori atau rutinitas. Gamblangnya seperti ini, kalau kita tidak berpikir kreatif maka tidak akan ada hal yang baru bagi permasalahan yang sedang kita hadapi ini. Kalau tidak ada ide baru, berarti hanya ada ide lama saja, hal ini mengakibatkan kita tidak maju, atau masalah yang ada hanya akan terselesaikan sebatas yang dulu. Kita seperti berada dalam status quo. Tidak akan ada perbaikan apalagi kemajuan tanpa adanya kreativitas.
                Yang terakhir adalah konstruktif. Makna dari kata konstruktif sendiri adalah membangun, membina dan memperbaiki. Ide atau solusi yang kita berikan haruslah dapat memperbaiki masalah yang ada. Ide ini harus menjadi ide yang membangun dan berkesinambungan dalam hal kebaikan ke depannya.
                Karena kita adalah mahasiswa yang berintegritas dan merupakan mahasiswa terpilih yang dapat menempuh pendidikan di kampus Ganesa ITB, maka kita harus dapat memenuhi ketiga kriteria di atas. Maksudnya sebagai seorang mahasiswa kita harus mampu berpikir kritis, yaitu selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan dan menganalisa dengan tajam, jadi kita tidak boleh mudah percaya dan terlena dengan suatu masalah, atau ide yang kelihatannya sudah baik. Kita harus tetap memikirkan kemungkinan-kemungkinan kekurangan yang masih ada. Setelah itu, kita tak boleh berhenti pada sebatas berpikir saja. Kita harus memberikan ide-ide atau solusi yang kreatif, yang baru. Setelah itu, kita pun masih harus tetap berpikir kritis terhadap ide yang kita pikirkan, untuk menemukan kekurangan-kekurangan yang masih ada. Sebelum itu, kita juga harus membuat ide kita ini bersifat konstruktif sehingga ide-ide konservatif yang telah ada dapat terus diperbaiki dan mengalami perubahan yang lebih baik.
                Wahh…. Setelah dipikir-pikir, sungguh suatu tugas yang berat yang telah dilimpahkan kepada kita sebagai seorang mahasiswa. Namun, kita harus memenuhi dan melaksanakan tugas yang berat ini. Kenapa? Tentu saja karena kita sendiri yang telah memilih jalan ini. Kita sebagai generasi muda penerus bangsa ini harus bergerak terlebih dahulu dibanding yang lain. Saya teringat sebuah kata mutiara, “Setiap paginya, rusa yang berlari paling lambat harus berlari lebih cepat daripada seekor macan yang tercepat, atau dia akan dimangsa. Begitupun, seekor macan yang berlari paling lambat harus berlari lebih cepat dari rusa yang berlari paling lambat, atau dia akan mati kelaparan.” Setelah tugas ini, saya terpikirkan bahwa kalau saja semua mahasiswa memang memiliki integritas dan kriteria seperti k3 ini, maka Indonesia pasti akan semakin maju karena tidak saja sumber daya manusia yang berkualitas, namun juga daya saing yang tinggi.
                Setelah penjelasan yang kami terima dan diskusi dalam kelompok, kami pun diberikan tugas. Tugas ini berupa tugas kelompok yang dimana mengharuskan kami berpikir dari berbagai sisi atau aspek mengenai suatu masalah. Masalah ini disajikan dalam bentuk foto. Masalah yang kami dapat adalah mengenai penduduk miskin yang tidak memiliki tempat tinggal selain sebuah sungai atau kali kecil yang sangat kotor.
                Kalau kita melihat masalah ini dari sisi kemanusiaan, sungguh kasihan para penduduk miskin ini, karena mereka bahkan tidak memiliki kebutuhan primer yang memadai, yaitu tempat tinggal. Kebersihan tempat tinggal yang tidak baik juga mengakibatkan kesehatan yang buruk bagi mereka. Hal ini membuat keterbelakangan dan kesenjangan sosial bagi penduduk tersebut. Penduduk ini seperti tersingkirkan dari kehidupan sosial di perkotaan.
                Namun, apabila kita melihat masalah ini dari sisi letak kota dan kebersihan masyarakat umum, maka penduduk ini telah mengotori dan membuat polusi bagi masyarakat sekitar. Keberadaan mereka di sungai atau kali itu dapat menyebabkan proses yang mengakibatkan kebanjiran pada curah hujan yang tinggi. Sampah dan bakteri yang semula berada dalam sungai akan ikut terbawa ke lingkungan masyarakat dan menyebabkan kerugian yang parah bagi pemerintah karena kesehatan masyarakat yang menurun drastis.
                Sebenarnya tentu saja masih ada banyak sisi lain yang bisa kita lihat dari masalah ini, mengingat kita harus berpikir kritis. Dan tentu saja kita tidak boleh berhenti hanya dengan mengkritik dan menyatakan ketidaksukaan kita terhadap masalah ini. Kita harus memberikan ide dan solusi kita untuk permasalahan ini. Selalu merevisi dan menghasilkan ide yang semakin baik, baru dan teliti adalah apa yang diharapkan bangsa kepada kita untuk membangun Indonesia menuju arah yang lebih baik lagi.
                Demikianlah resume untuk K3 (Kritis, Kreatif dan Konstruktif). Mari sebagai mahasiswa yang berintegritas kita selalu berpikir menggunakan asas K3. Ayo bangun Indonesia J J J
 

                                Dessi Anggreini Elisabeth Br Ginting
                                NIM : 16713019

                                Kelompok OSKM 130

No comments:

Post a Comment