Social Icons

Thursday, August 22, 2013

Resume K3 (Julivius Prawira)


Jujur saya agak bingung mau mulai darimana. Jadi kemarin tanggal 21 agustus 2013, kami yang tergabung dalam kelompok 130 berkumpul di rumah salah satu anggota kelompok 130. Di sana kami diajarkan tentang sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa, yaitu K3, kritis, kreatif dan konstruktif. Saya pikir saya tidak perlu menjabarkannya lagi sebab definisi-definisi setiap kata tersebut cukup umum. Yang menjadi poin dalam resume saya adalah mengapa mahasiswa sebaiknya memiliki sifat-sifat tersebut. Singkat saja bila salah satu sifat tersebut kurang, maka dampak yang diberikan oleh mahasiswa di tengah masyarakat akan berdampak kurang maksimal atau mungkin buruk.
Misalkan seorang mahasiswa bernama A memiliki sifat kritis dan kreatif saja, ia diberikan kesempatan untuk mengutarakan solusi terhadap masalah tentang banyaknya jumlah penduduk di ibukota, mungkin ia akan menawarkan solusi mengusir penduduk daerah kumuh atau bahkan membakar mereka. Menurut saya membakar merupakan salah satu cara yang kreatif namun tidak konstruktif. Contoh lainnya, seorang mahasiswi bernama Y memiliki sifat kreatif dan konstruktif, ia diminta untuk menyebutkan dan menjelaskan solusi masalah pendangkalan sungai. Namun, karena  si Y ini tidak kritis maka ia tidak dapat memikirkan sebuah solusi. Contoh ketiga, mahasiswa bernama O memiliki sifat kritis dan konstruktif, ia diminta untuk memberikan pendapat tentang masalah banyaknya pengangguran kerja. Karena ia tidak kreatif (dalam kasus ini) maka ia akan menawarkan solusi-solusi yang sudah berjalan dan tidak memberikan tambahan atau penyuntingan sama sekali.
Contoh lapangannya adalah saya sendiri, saya diminta untuk mengetik resume ini dengan jumlah kata paling sedikit 750 kata. Karena sifat kritis saya yang agak minim maka saya sedikit bingung mau menulis topik apalagi, dan berhubung saya kurang kreatif juga jadi saya malah menulis kalimat-kalimat ini untuk menambah jumlahnya. Bila anda pertimbangkan juga dengan baik paragraf ini, paragraf ini juga tidak bersifat membangun.
Begitu berpindah paragraf berikutnya saya baru menyadari apa itu kritis, kritis itu melihat sebuah benda dari sudut pandang yang lain dari yang anda biasa lakukan. Maka, paragraf di atas dapat dikatakan cukup kreatif karena saya menulis dengan cara yang berbeda dari umum. Dengan berpendapat paragraf di atas cukup kreatif, secara tidak langsung itu adalah suatu bentuk kritik yang mana kritik merupakan hasil dari sifat kritis. Dengan berlalunya kalimat sebelum kalimat ini, saya telah membentuk paragraf yang bersifat konstruktif karena mengajak anda para pembaca untuk berpikir kritis sebelum membaca kalimat ini atau mungkin anda masih mengkritisi paragraf saya yang cukup membingungkan.
Pada kenyataannya tidak ada yang tidak memiliki ketiga sifat tersebut, hanya saja ada sifat-sifat yang kurang menonjol ketimbang sifat yang lain. Dapat kita lihat bahwa dominansi salah dua sifat saja tidak dapat memberikan pengaruh atau dampak secara maksimal apalagi salah satu sifat saja yang mendominasi sifat-sifat lainnya.
Tambahan aja dari saya, milikilah sifat yang tidak berlebihan atau sesuai ala kadarnya. Saya harap resume yang tidak memenuhi syarat kuantitas yang diminta dapat memenuhi syarat kualitas yang dibutuhkan. Saya berharap juga bahwa resume ini akan memberikan dampak positif terhadap para pembaca. Sekian dari saya, maaf bila ada kata-kata yang kurang sopan dsb. Terima kasih atas perhatian dan waktu yang anda berikan untuk membaca resume ini.

Julivius Prawira

16613274

No comments:

Post a Comment